Langkah Tepat Mengecat Dinding

PERSIAPAN PERMUKAAN

Dalam melakukan persiapan permukaan perlu diperhatikan apakah bidang merupakan permukaan tembok baru atau permukaan tembok lama.

 

Permukaan tembok baru

Yang dimaksud dengan permukaan tembok baru adalah permukaan tembok yang masih belum pernah dilapisi cat/ plamir dan baru selesai dibangun. Pada permukaan tembok jenis ini perlu diperhatikan tingkat kekeringan baik dari air (H2O) maupun dari kapur (CaO) dan semen, apakah sudah bereaksi sempurna membentuk garam netral (CaCO3) proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 28 hari.

 

Hasil terbaik akan diperoleh jika kita menetralisir alkali tembok yang berlebihan yang biasanya tersisa pada tembok baru. Bisa digunakan wall sealler alkali resistence sebagai cat dasar. Dengan wall sealer Cat tidak mudah mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya.

 

Cat akan menjadi seperti kapur jika daya serap tembok masih bekerja, untuk itu tembok harus dilapisi dengan Wall Sealer, namun jika untuk alasan ekonomis anda dapat melarutkan satu sampai dua bungkus lem putih dalam satu galon air kemudian kuaskan pada tembok sebelum tembok di cat. Selanjutnya lapisi dengan Plamir setipis mungkin, gunakan kapi tembok. untuk menghasilkan tembok yang benar-benar halus.

 

Permukaan tembok lama

Periksa terlebih dahulu apakah ada sisa cat/ plamir lama yang terkelupas atau menggelembung, adakah retak rambut pada permukaannya ?

Bersihkan permukaan dari sisa-sisa cat yang mengelupas/ menggelembung atau rusak dan juga dari lumut dan jamur, periksa kualitas cat dasar atau plamir apakah masih melekat kuat pada permukaan tembok ? Bila kualitas plamir juga kurang memenuhi syarat maka harus di scrap atau di amplas.

 

Permukaan yang sudah dicat sebelumnya perlu dibersihkan dahulu dengan baik, bersihkan dan hilangkan semua bagian cat yang terkelupas, debu dan kotoran lainnya sebelum melakukan pengecatan dengan cara diamplas lebih dahulu dan lapisi dengan satu lapis cat, biarkan sampai permukaan mengering.

 

Untuk permukaan tembok luar dimana sisa-sisa cat lama yang terkelupas, debu dan kotoran tidak bisa dibersihkan seluruhnya, berilah sebuah lapisan plamir sebelum permukaan tersebut dicat dengan cat tembok.

 

Hilangkan sisa-sisa jamur/lumut/minyak dengan cara membuang lapisan tersebut sampai bersih, kemudian lapisi Plamir.

 

Jika sebelumnya tembok telah berwarna dan ingin mengganti warna maka harus memilih cat tembok yang memiliki daya tutup yang kuat, jika tidak maka sebaiknya menggunakan kuas roll atau menutup warna yang lama (terutama warna tua) dengan menggunakan Plamir Tembok.

 

 

 

Perlukah kita menggunakan plamir tembok ?

Hampir semua orang selalu menggunakan plamir pada permukaan bidang yang akan dicat, dalam kenyataannya tidak semua hal yang sudah menjadi kebiasaan itu benar.

 

Sebenarnya fungsi plamir tembok hanya sebagai media/ lapisan untuk membantu membuat permukaan dinding tampak lebih rata dan lebih halus itu saja, tidak ada kegunaan lainnya, untuk bidang eksterior sebaiknya kita tidak menggunakan plamir apalagi produk yang kurang jelas spesifikasinya, karena plamir ini malah akan menjadi penyebab terjadinya gelembung pada lapisan cat.

 

Plamir tembok diperlukan untuk menutup retak rambut, atau memperhalus permukaan tembok yang kurang rata. Setelah permukaan diplamir haluskan dengan kertas gosok.

 

 

PROSES PENGECATAN

Bila proses persiapan permukaan sudah sempurna, berarti proses pengecatan sudah bisa dimulai. Sebelum proses pengecatan dilaksanakan bacalah terlebih dahulu aturan pakai pada kemasan produk cat, ikuti petunjuknya.

 

Bila permukaan dinding anda membutuhkan beberapa galon cat, untuk mendapatkan keseragaman warna, tuangkan beberapa galon cat dalam sebuah tempat yang besar, aduk secara merata.

 

Bila diperlukan pengenceran, tambahkan media pengencer (untuk cat tembok gunakan air bersih) aduk secara merata.

 

Untuk hasil yang sempurna cat tembok jangan terlalu kental, encerkan dengan air 30-35 persen dari total berat cat.

 

Ulangi pengecatan 2 sampai 3 lapis dengan selang waktu 3-4 jam (setelah kering)

 

Waktu pengeringan antara setiap lapis pengecatan adalah 1 sampai 2 jam.

 

Lakukan proses pengecatan mulai dari bidang teratas, misalnya langit-langit lalu turun ke bawah.

 

Gunakan kuas untuk permukaan yang sempit dan tepi/sudut bidang, roller untuk permukaan yang luas.

Share

Comments (No Responses )

No comments yet.