CARA MENGECAT ULANG BINGKAI JENDELA (KAYU)

CARA MENGECAT ULANG BINGKAI JENDELA (KAYU)

Bingkai jendela sebaiknya dicat ulang secara berkala. Pengaruh perubahan cuaca menyebabkan cat yang anda gunakan semakin lama akan kusam atau rusak. Oleh karena itu, pengecatan bingkai jendela secara berkala sangat dibutuhkan. Anda dapat membuat cat Anda bertahan lebih lama. Berikut langkah-langkah untuk mengecat ulang bingkai jendela anda
Pertama, periksa cuaca untuk memastikan adanya kondisi kering. Jendela yang baru dicat harus dibiarkan terbuka untuk mengering, jadi kami sarankan kepada Anda untuk memulai pekerjaan ini sepagi mungkin agar cukup waktu untuk pengeringan.

Mengikis Lapisan Cat Lama
Kikis dahulu lapisan cat lama sebelum dicat ulang . Gunakan ampelas dengan tingkat kekasaran sedang (Anda bisa menggunakan paint remover untuk mempermudah proses pengerjaan). Proses ini dilakukan agar ketika mengecat ulang tidak timbul gelombang pada permukaannya.

Persiapan Permukaan
Semua kunci dan pegangan jendela harus dilepas sebelum pengecatan dengan cat primer, tetapi apabila perangkat keras masih terpasang pada jendela Anda, sebaiknya dilepas atau menutupinya dengan selotip kertas.

Jika Anda khawatir cat mengotori kaca, gunakan selotip kertas untuk membuat penghalang di sekeliling tepi kaca. Jika Anda dapati cat mengotori kaca, jangan khawatir. Setelah cat kering, cat ini dapat dengan mudah dikikis dengan kapi atau cutter.
Pastikan permukaan bingkai jendela bersih dari debu, minyak, atau pengotor lain
Anda siap untuk mengecat!

Teknik Pengecatan
Sebaiknya Anda mulai terlebih dahulu dengan batang bingkai (bingkai yang memisahkan dan menahan kaca). Cat bagian horizontal terlebih dahulu, dan kemudian ke bagian vertikal.

Berikutnya, pindah ke bagian rel/lis. Rel/lis adalah bagian horizontal dari bingkai yang berada di bagian atas dan bawah daun jendela – pada bagian ini terdapat alur yang menahan kaca jendela. Ketika mengecat rel, cobalah untuk meninggalkan lapisan cat yang sangat tipis di antara kaca dan bingkainya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan segel agar dempul atau bahan penambal lainnya tidak kering.

Selesaikan dengan mengecat kusen dan ambang jendela. Sebaiknya berikan sedikitnya dua lapisan cat pada bagian ini, oleh karena itu jangan tergesa-gesa dan beri cukup waktu agar setiap lapisan benar-benar kering sebelum mengecat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share

Comments (No Responses )

No comments yet.