Cara mengatasi saluran yang tersumbat

Cara mengatasi saluran yang tersumbat

Cara ini efektif untuk membersihkan penyumbat yang berupa lemak-lemak/minyak kotor dari sisa-sisa makanan, pelembut pakaian,  conditioner rambut , dan lain-lain. Panas akan membuat lemak-lemak penyumbat tadi mencair untuk sementara. Tuangkan air panas sebanyak-banyaknya sampai seluruh lemak-lemak penyumbat keluar dari saluran pipa pembuangan anda.

 Menggunakan soda api

Adakalanya cara menuangkan air panas tidak berhasil  untuk menghancurkan kotoran penyumbat yang membandel. Maka untuk jenis penyumbat yag lebih bandel seperti ini, anda bisa menggunakan soda api. Soda api memiliki sifat basa dan dapat menghancurkan sumbatan sampah maupun timbunan kotoran yang ada didalam pipa saluran air. Soda api dapat dengan mudah Anda beli ditoko bangunan, biasanya dalam bentuk cair, bubuk, maupun seperti bongkahan kristal kecil. Sebelum mengaplikasikan soda api untuk mengatasi sumbatan pada saluran air, baca dan perhatikan aturan pakai yang ada pada kemasannya.

 

Cara menghancurkan sumbatan menggunakan soda api adalah sebagai berikut :

  • Siapkan soda api secukupnya, jangan terlalu banyak namun jangan pula terlalu sedikit. Jika terlalu sedikit, soda api tidak akan berfungsi dengan maksimal sehingga sumbatan masih tetap ada.
  • Sebelum mulai mencoba mengatasi sumbatan, sebaiknya gunakan sarung tangan dan masker untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya kulit terkena soda api dan menjadi iritasi.
  • Buka soda api dari kemasannya, lalu masukan ke dalam wadah kering. Anda dapat pula menggunakan ember untuk menampung soda api.
  • Setelah itu, tambahkan air panas secukupnya ke dalam wadah agar soda api cepat larut. Bantulah dengan mengaduknya agar soda api larut dan tercampur dengan air secara merata (gunakan pengaduk kayu atau pipa paralon)
  • Siramkan larutan soda api tadi ke dalam lubang pipa saluran air yang tersumbat. Biarkan sejenak. Biasanya akan terjadi reaksi yang ditandai dengan bunyi seperti gemuruh dari dalam saluran air. Diamkan antara 1-2 jam agar kotoran penyumbat benar-benar hancur.

CARA YANG PALING EFEKTIF & AMAN

Seringkali cara menggunakan air panas gagal karena pengotor yang menyumbat saluran air bukan sekedar lemak-lemak saja melainkan campuran berbagai jenis pengotor  seperti puntung rokok, sisa makanan, pembalut, lemak, kertas, rambut, kerak kapur, tisu, dan lain-lain. Penggunaan soda api relatif efektif tapi memiliki resiko yang besar jika tidak ditangani dengan benar.

Share

Comments (No Responses )

No comments yet.