TIPS MENJAGA SALURAN PEMBUANGAN AIR RUMAH TETAP LANCAR

Bagi yang memiliki rumah di kampung dengan pekarangan luas, saluran pembuangan air bukanlah masalah yang besar, saluran pembuangannya bisa di buat terbuka (mudah dibuka) sehingga mudah dibersihkan . Tetapi untuk rumah-rumah di perkotaan dengan gaya minimalis, saluran air bisa menjadi masalah yang sangat merepotkan. Rumah minimalis di perkotaan sering menggunakan sistem pipa yang ditanam di lantai sehingga jika saluran pembuangan tersumbat bisa dibayangkan kerepotan yang dialami penghuninya.

 

Tips menjaga saluran pembuangan air tetap lancar:

  • Gunakan floor drain/Avur lantai/Saringan got dengan benar

Elemen ini sangat penting dan wajib ada setiap lubang saluran pembuangan air, baik di kamar mandi, dapur ataupun kitchen zinc. Bisa dikatakan tiap rumah pasti memilikinya. Tapi apakah kita sudah memanfaatkannya dengan benar? Ada sebuah kesalahan fatal yang sangat umum ketika membersihkan saringan saluran pembuangan air. Kita biasanya membuka avur  saat air menggenang. Padahal, cara ini akan membuat banyak sampah, termasuk rambut-rambut hingga plastik, sisa-sisa makanan masuk ke lubang saluran. Lama-kelamaan, saluran pembuangan air bisa tersumbat. Cara yang benar adalah dengan cara memungut sampah-sampah tersebut bukan membiarkannya masuk ke saluran pembuangan air kita. Untuk memudahkan pekerjaan ini, pilih avur yang memiliki penampung di bawah tutupnya, jadi jika ada sampah yang masuk akan tertahan pada penampungnya.

 

  • Sediakan tempat sampah di kamar mandi/dapur/kitchen zinc

Jangan membuang plastik, kardus, pembalut, bungkus sabun, wadah shampo sachet, tissue maupun sampah lain ke dalam saluran pembuangan air. Pertimbangkan pula ketika Anda hendak membuang minyak bekas masakan maupun sisa-sisa makanan ke dalam saluran pembuangan. Sedikit demi sedikit kotoran dan lemak akan menjadi timbunan yang menyumbat pipa. Rajinlah secara berkala membersihkan saluran pembuangan air agar terhindar dari timbunan kotoran dan sisa makanan. Agar sampah seperti plastik shampo sachet, kapas, tisu, rambut, sisa-sisa makanan tidak menutup avur, biasakan untuk membuang segala jenis sampah ke tempat sampah.

 

  • Buat bak kontrol

Saat membangun atau merenovasi  rumah sebaiknya buatlah bak kontrol pada saluran pembuangan air. Gunanya untuk mencegah kotoran yang menyumbat di pipa masuk ke saluran pembuangan. Dengan bak kontrol, endapan bisa dibersihkan dengan mudah.

Share

Comments (No Responses )

No comments yet.