Deksripsi Thinner Rockstar

Thinner ROCKSTAR

Hampir semua bahan finishing membutuhkan thinner (pengencer) supaya menjadi encer dan lebih mudah diaplikasikan.
Alat-alat untuk aplikasi bahan finishing membutuhkan batasan viskositas (tingkat kekentalan) tertentu supaya bahan finishing tersebut dapat diaplikasikan dengan baik oleh alat tersebut. Air spray gun misalnya bisa bekerja dengan baik untuk material dengan viskositas sampai 16 – 17 detik (dengan pengukuran menggunakan Nk 2 cup), sedangkan HVLP spray gun hanya bisa bekerja dengan baik pada material dengan viskositas maksimal 14 detik saja. Pengaturan viskositas material tersebut dilakukan dengan penambahan thinner. Kami menghadirkan Thinner ROCKSTAR yang diformulasikan secara khusus  untuk memberi pengenceran optimal pada semua merk cat.

Komposisi cat berbeda-beda, tergantung dari jenisnya (polyurethane, nitrocellulose, acid curing, epoxy, acrylic, alkyd, vynil, dan lain-lain) dan berbeda-beda pula untuk tiap jenis dan merknya. Karena itu setiap jenis bahan finishing sebenarnya membutuhkan thinner yang berbeda-beda pula.

Fungsi thinner yang lain adalah untuk mengatur sifat-sifat tertentu yang diinginkan pada material finishing seperti: ketebalan film, konsentrasi campuran, waktu pengeringan, daya resap terhadap substrat, flow, dll. Pemilihan thinner kadang-kadang juga digunakan untuk mengatur waktu pengeringan sesuai dengan cara aplikasi bahan finishing tersebut.

Cara aplikasi bahan finishing dengan pencelupan, penguasan, roll atau pengelapan secara umum membutuhkan thinner yang relatif lambat kering, supaya tidak menghasilkan pewarnaan yang terputus. Sedangkan aplikasi dengan spray gun membutuhkan bahan yang relatif cepat kering, untuk mencegah terjadinya sagging (bahan finishing yang meleleh).

Selain itu pemilihan thinner juga dapat dilakukan untuk mengatur sifat bahan finishing untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana proses finishing itu dikerjakan. Misalnya pada saat suhu udara tinggi, maka diperlukan thinner yang agak lambat kering supaya tidak terjadi dust spray. Pada kelembaban udara yang tinggi maka seringkali diperlukan penambahan thinner yang lambat kering juga untuk mencegah blushing. Pengaturan thinner pada batas-batas tertentu juga bisa dilakukan untuk mempercepat kecepatan produksi dengan mempercepat pengeringan.

Thinner itu sendiri nanti akan menguap seluruhnya pada saat pengeringan bahan finishing dan tidak ada yang tertinggal di lapisan finishing. Thinner hanya berfungsi sebagai media yang mengantarkan material finishing pada saat aplikasinya. Karena itu maka pemakaian thinner dalam suatu proses finishing harus diusahakan seminimal mungkin supaya mengurangi pemborosan dari penggunaan thinner yang hanya akan habis terbuang. Meskipun hanya berfungsi sebagai media, tetapi pemilihan thinner yang cocok merupakan hal yang sangat penting dalam proses finishing. Ada banyak pengaturan bisa dilakukan dengan memilih thinner yang tepat. Sebaliknya ada banyak masalah bisa timbul akibat dari penggunaan thinner yang kurang tepat.

Kami menghadirkan Thinner B, Thinner A, Thinner A special, Thinner ND, Thinner Acrylic, Thinner High Gloss dan Thinner PU  yang diformulasikan secara khusus  untuk memberi hasil optimal sesuai kebutuhan anda.