Deskripsi Thinner Satelit

THINNER SATELIT

Cat (solvent based) merupakan sebuah sistem campuran yang kompleks, ada padatan (solute) yang terlarut atau terdispersi dalam pelarut cair (solvent), ada juga cairan (solvent active) yang terlarut dalam cairan lain (diluent). Jadi definisi solvent adalah cairan (biasanya mudah menguap) yang berperan melarutkan atau mendispersi komponen-komponen pembentuk film (resin, pigment dan/atau additive) yang akan menguap terbuang ke lingkungan selama proses pengeringan.

Masing-masing komponen penyususun cat mempunyai fungsi dan peran yang berbeda-beda. Resin membentuk film dan memberi kontribusi terhadap karakter film yang terbentuk, pigment memberi warna juga berfungsi menambah kekuatan mekanis film, filler berfungsi menekan cost dan memperbaiki struktur rekatan, berbagai aditif difungsikan untuk memberi sifat-sifat tertentu sesuai dengan kebutuhan, yang tak kalah pentingnya adalah SOLVENT yang sangat terkait erat dengan thinner yang akan dipergunakan saat pemakaian cat.

Sekalipun setelah pemakaian solvent akan terbuang ke lingkungan dan tidak menjadi bagian dari lapisan cat, namun peran solvent selama proses pembuatan, penyimpanan dan pemakaian cat, memperlihatkan peran yang dominan dibanding komponen lainnya.

Pada saat pembuatan cat, solvent memberi kontribusi sedemikian rupa sehingga campuran mempunyai kekentalan yang pas untuk diproses: diaduk, dicampur, digiling dan lain-lain. Dengan penambahan solvent yang tepat dan cukup akan menurunkan kekentalan dari resin atau campuran pada suatu titik dimana kekentalannya memenuhi syarat untuk masing-masing proses.

Membicarakan solvent tidak bisa lepas dari thinner, karena keduanya saling berkaitan satu dengan yang lain.

Thinner adalah campuran beberapa solvent yang dipakai untuk melarutkan resin di dalam cat atau mengencerkan cat selama penggunaan. Di dalam prakteknya resin atau cat dilarutkan oleh tidak hanya satu jenis solvent , tetapi oleh beberapa  macam kategori solvent. Pada saat pemakaian cat, dengan penambahan thinner yang tepat dan dengan takaran pas, maka cat bisa diaplikasikan dengan mudah dan baik pada obyek yang akan dicat dengan hasil yang optimal.

Komposisi solvent yang tepat pada thinner memberi pengaruh pada mekanisme penguapan dari solvent-solvent yang ada, sehingga akan membentuk film yang maksimal karakteristiknya, baik tekstur permukaannya, sifat kilapnya maupun kecepatan keringnya.

Bersarkan karakterisasi tingkat kecepatan keringnya, thinner dibagi menjadi tiga macam :

  • Normal
  • Slow
  • Extra slow

 

Kami menghadirkan Thinner Satelit yang diformulasikan secara khusus  untuk memberi hasil optimal pada pemakaian cat.